KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER
Komponen Jaringan Komputer
- PC/Komputer
- NIC
- Network Device
- Media Transmisi
- NOS (Network Operating System)
1. PC (Komputer)
Komputer adalah perangkat elektronik
yang mengahasilkan input dan meneluarkan output. Komputer juga dapat diartikan
sebagai alat elektronik yang digunakan untuk memproses data.
Pc ada 2 yaitu :
- PC Client berfungsi meminta layanan internet
- PC Server berfungsi memberikan layanan internet
PERANGKAT LUNAK DAN PERANGKAT KERAS
DALAM COMPUTER.
A. Perangkat Lunak Komputer
Perangkat Lunak
(software) merupakan suatu program yang dibuat oleh
pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat
Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses
pengolahan data.
Software
sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras
komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga
perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi
yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh
manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
- Mengidentifikasi program
- Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
- Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat
Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi
4 macam, yaitu :
- Sistem Operasi (Operating System),
- Program Aplikasi (Application Programs),
- Bahasa Pemrograman (Programming Language),
- Program Bantu (Utility)
1.
Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi
yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar
sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang
akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
- Menyimpan program dan aksesnya
- Membagi tugas di dalam CPU
- Mengalokasikan tugas-tugas penting
- Merekam sumber-sumber data
- Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
- Memeriksa kesalahan sistem
- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
- Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem
Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan
Unix.
2.
Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program
Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan
tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program
presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3.
Bahasa Pemrograman (Programming
Language)
Perangkat
lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan
instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin
dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman,
yaitu :
- Bahasa tingkat rendah (low level language) Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
- Bahasa tingkat tinggi (high level language) Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
- Bahasa generasi keempat (4 GL) Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++
4.
Program Bantu (Utility)
Perangkat
Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam
kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket,
mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya
:
- Norton Utility
- Winzip
- Norton Ghost
- Antivirus
B. Perangkat
Keras
Perangkat keras secara fisik, perangkat komputer umumnya terdiri dari CPU, monitor, keyboard dan mouse. Perangkat-perangkat tersebut
merupakan perangkat dasar.
CPU (Central Processing Unit) adalah sebagai pengolah data yang mana berupa kotak yang
bagian depan dan belakangnya harus kita kenali. Bagian depan CPU adalah tempat untuk tombol power,
tombol reset, tempat pembaca DVD dan disket. Pada bagian belakang digunakan
untuk menempatkan berbagai jenis port dan colokan yang menghubungkan komputer dengan berbagai macam periferal.
b.
Keyboard
Keyboard adalah papan
ketik yang
digunakan untuk memasukan angka 0-9, huruf A-Z, serta tombol dan karakter
khusus seperti : # @ & ^ % ( ) < > yang jumlahnya sebanyak 104
tombol, sedangkan pada mesin tik hanya 52 tombol.
c.
Mouse
Mouse adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan
tombol klik. Pada umumnya mouse mempunyai dua tombol eksekusi dan satu scroll.
d.
Monitor
Monitor adalah alat output atau keluaran
yang berfungsi menampilkan hasil proses komputasi. Instruksi-instruksi yang
kita masukkan ke komputer, akan ditampilkan pada layar monitor.
2. NIC (Network Interface Card)
NIC,
adalah perangkat yang memungkinkan komputer untuk bergabung bersama dalam LAN,
atau jaringan area lokal. Jaringan komputer saling berkomunikasi menggunakan protokol tertentu untuk
transmisi paket data antara komputer yang berbeda, yang dikenal sebagai
node. Fungsi network interface card adalah sebagai penghubung bagi komputer
untuk mengirim dan menerima data pada LAN.
Bahasa
yang paling umum untuk protokol LAN ini adalah Ethernet, kadang-kadang disebut
sebagai IEEE 802.3. Salah satu protokol yang kurang digunakan adalah Token
Ring. Ketika membangun sebuah LAN, network interface card harus diinstal di
setiap komputer pada jaringan dan semua NIC di jaringan harus dirancang dalam
arsitektur yang sama.
Sebuah
network interface card tidak harus menggunakan penghubung kabel. Ethernet
nirkabel misalnya, diinstal dengan memiliki antena kecil untuk memancarkan
gelombang penghubung antar komputer. Kartu ini berkomunikasi dengan saklar
pusat atau hub nirkabel melalui gelombang radio. Wireless LAN mungkin memiliki
beberapa pembatasan tergantung pada bangunan sekitarnya. Sebagai contoh,
dinding dapat memblokir sinyal antara network interface card jaringan dan hub
atau switch.
3. Media Transmisi
Media Transmisi Jaringan
Media
transmisi jaringan terbagi 2, yaitu:
- Wireline ( jaringan kabel)
- Wireless (tampa kabel)
a.
Wireline
Fungsi
Jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi
secara elekronik. Biasanya terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling
berhubungan Kabel yang di gunakan adalah kabel Coaxial, Twisted pair dan Serat
Optik. Dan setiap komputer dilengkapi dengan kartu antar muka NIC(Network
Interface Card). Setiap komputer yang terhubung dalam jaringan mempunyai IP
Address yang berbeda-beda.
b. Wireless
Keunggulan Jaringan Wireless
- Mobilitas,karena sudah tidak terpengaruh oleh kondisi tempat yang penting pengguna tersebut masih berada dalam batas aksesnya
- Instalasi cepat dan mudah karena tidak perlu kabel sebagai penghubung
- Fleksibel terhadap tempat
- Biaya anggaran perpindahan tempat dapat ditekan walaupun infestasi awal lebih besar. Biaya instalasi lebih kecil dan biaya perawatan lebih murah
- Konfigurasi jaringan dapat dirubah dari jaringan peer to peer ntuk jmlah pengguna yang lebih sedikit menjadi jaringan infrastruktur yang lebih banyak. Bahkan bisa mencapai ribuan penggna yang dapat menjangkau jangkauan yang lebih luas
Contoh : Kabel UTP
Warna kabel UTP
O(Orage) —————>
Orage Putih (OP)
H(Hijau)
—————-> Hijau Putih(HP)
B(Biru)
—————-> Biru Putih(BP)
C(Coklat) —————-> Coklat
Putih(CP)
Konsep pemasangan kabel UTP:
- Putih selalu di nomor ganjil
- 1 & 2 adalah sepasang
- 3 & 6 adalah sepasang
- 4 & 5 adalah sepasang
- 7 & 8 adalah sepasang
- 4 & 5 serta 7 & 8 tidak dapat ditukar.
Satuan-satuan
data dalam sistem komputer
a.
Byte
Merupakan
satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Dimana satu karakter
sama juga dengan 8 bit.
b.
Kilobyte
Kilobyte
merupakan tingkatan di atas byte, dimana 1 kilobyte = 1024 byte. Satuan
Kilobyte disingkat dengan KB.
c.
Megabyte
1 Megabyte
= 1024 Kilobyte atau sama dengan 1024 x 1024 = 1.048.576 byte. Satuan ini
disingkat dengan nama MB.
d.
Gigabyte
1 Gigabyte
= 1024 Megabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 = 1.073.741.824 byte.
Satuan ini dapat kita jumpai dalam kapasitas Hardisk. Satuan Gigabyte disingkat
menjadi GB.
e.
Terabyte
1 Terabyte
= 1024 Gigabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024 = 1.009.511.627.776 byte.
Dapat kita jumpai dalam kapasitas harddisk dan memori pada komputer mainframe.
Satuan ini disingkat dengan TB.
f.
Petabyte
1 Petabyte
= 1024 terabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024 =
1.125.899.906.842.624. Satuan ini diseingkat dengan PB.
4. Network Device
Network
device atau perangkat jaringan adalah perangkat yang digunakan untuk mencapai
tujuan dari jaringan komputer, yaitu :
a. Membagi sumber daya: contohnya
berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
b. Komunikasi: contohnya surat
elektronik, instant messaging, chatting
c. Akses informasi: contohnya web
browsing
Perangkat Jaringan Komputer /
Network Device :
a)
Repeater
Repeater,
bekerja pada layer fisik jaringan, menguatkan sinyal dan mengirimkan dari satu
repeater ke repeater lain. Repeater tidak merubah informasi yang ditransmisikan
dan repeater tidak dapat memfilter informasi. Repeater hanya berfungsi membantu
menguatkan sinyal yang melemah akibat jarak, sehingga sinyal dapat ditransmisikan
ke jarak yang lebih jauh.
Hub menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN. Hub
adalah repeater dengan jumlah port banyak (multiport repeater). Hub tidak mampu
menentukan tujuan; Hub hanya mentrasmisikan sinyal ke setiap line yang
terkoneksi dengannya, menggunakan mode half-duplex.
c) Bridge
Bridge adalah “intelligent repeater”. Bridge menguatkan
sinyal yang ditransmisikannya, tetapi tidak seperti repeater, Brigde mampu
menentukan tujuan
d) Switch
Switch
menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN, sama seperti hub.
Perbedaannya adalah switch dapat beroperasi dengan mode full-duplex dan mampu
mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan dari tujuan yang spesifik.
e) Router
Router
adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur
(route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router
mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari
area yang bermasalah.
f) Modem
Modem
berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang
mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk
dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan
sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier)
yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. modem
adalah alat komunikasi dua arah. dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis
modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Jenis modem
Modem terbagi atas:
1.
Modem analog yaitu modem yang
mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2.
Modem ADSLModem kabel yaitu modem
yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
3.
Modem CDMA
4.
Modem 3GP
5.
Modem GSM
5.
NOS
(Network Operating system)
NOS bertugas mengontrol dan mengendalikan jaringan. Biasanya
NOS diinstal pada komputer server, tetapi adakalanya juga diinstal pada
komputer client. Jika komputer kita nyalakan, OS masuk kedalam komputer dan
menyalakannya, baru kemudian NOS masuk. Sejumlah OS seperti Windows NT sudah
termasuk NOS dan memang dirancang untuk keperluan network, sehingga tidak
perlu menginstal NOS lagi.
Ciri
dari NOS biasanya memiliki feature-feature antara lain:
- Tampilan pengendali yang menarik dan mudah dengan GUI.
- Memiliki metoda penyimpanan data jaringan yang baik.
- Keamanan yang tinggi.
- Fasilitas pengiriman data ke printer atau komputer lain.
- Pemusatan penyimpanan data jaringan.
- Log-on jarak jauh oleh pemakai melalui modem.
- Dapat menggunakan workstation tanpa hard disk atau disket.
Beberapa
tugas umum NOS adalah:
- Administrasi: yaitu menambah, mengurangi dan mengelola user serta menyiapkan backup data.
- Manajemen file: mengalokasikan dan mentransfer file kepada client yang membutuhkan.
- Manajemen printer: mengatur prioritas pencetakan melalui sistem antrian.
- Keamanan: memonitor dan, jika perlu, membatasi akses ke pusat network.
Untuk
NOS sejak dulu telah ada beberapa diantaranya:
NOS
|
OS yang
dibutuhkan
|
Jenis
LAN
|
Novell NetWare
|
DOS
|
Client/server
|
Artisoft LANtastic
|
DOS
|
Peer-to-peer
|
Microsoft Windows for
Workgroups, Windows 95,
Windows 98
|
Windows
|
Peer-to-peer
|
Microsoft Windows NT
|
Windows NT
|
Client/server
|
Banyan Vines
|
UNIX
|
Client/server
|
Microsoft OS/2 LAN Manager
|
OS/2
|
Client/serv
|